Frequently Asked Questions FAQ

Expedito adalah platform E-Commerce yang menawarkan berbagai jasa kiriman International. Seperti halnya online booking tiket pesawat, Expedito adalah jasa booking pengiriman international.
Expedito sejak tahun 2016 telah bekerja sama dengan 11 kurir International dan telah mengirimkan lebih dari 200 ton paket pengiriman ke seluruh dunia, kami memiliki pengalaman dan kami bisa memperoleh discount yang baik dari kurir international sehingga harga yang ditawarkan oleh expedito tentunya akan lebih murah dibandingkan datang langsung ke kurir yang bersangkutan.
Pada dasarnya semua pengiriman tetap dijalankan oleh kurir pilihan Anda, bedanya adalah ongkos kirimnya lebih hemat jika via Expedito.
Anda bisa datang langsung ke kantor kami, atau bisa juga dengan cara booking online. Jika anda berada di wilayah Jakarta dan berat paket minimal 2 kg, kami dapat menjemput paket Anda.

Caranya adalah:
  1. Daftar dan login sebagai pelanggan kami di www.expedito.co.id
  2. Masuk ke beranda, silakan pilih jenis paket, pilih negara dan isi berat barang maupun ukurannya (dimensi).
  3. Klik "Cari Harga Terbaik" dan ditampilan jenis kurir, klik Booking untuk mengisi data penerima dan informasi paket. Kemudian setelah submit akan muncul kode booking contoh: C74FS6
  4. Tulis kode booking tersebut di paket anda lalu kirim kepada kami ke Expedito Global Indonesia, Ruko No 5 Apt. Rajawali, Jalan Rajawali Selatan I, Gunung Sahari Utara, Jakarta Pusat 10720, +622122649898 atau tunggu jemputan kami.
  5. Begitu paket tiba kami akan memeriksa dan menimbang ulang.
  6. Setelah itu kami akan kirimkan invoice kepada anda via WhatsApp dan Email.
  7. Lakukan pembayaran via bank BCA atau Mandiri.
  8. Jika paket sudah dikrim, anda akan mendapatkan kode tracking.
  9. Selesai.
Pengiriman kosmetik hanya bisa di lakukan ke beberapa negara tujuan, mohon lakukan pengecekan harga dengan memilih tipe kiriman kosmetik.
Untuk kosmetik berupa cairan seperti lotion, shampo, serum mohon agar bisa dilakukan packaging dengan baik agar tidak bocor.
Untuk kosmetik padat seperti eyeliner, bedak muka, lipstick bisa di kirim. Untuk kiriman kosmetik seperti parfum, produk yang berisi alkohol tinggi tidak dapat di kirim karena termasuk barang Dangerous Good.
Pengiriman kopi ke personal atau perusahaan dapat di lakukan selama kurang dari 5kg ke negara tertentu (tidak membutuhkan izin ekspor kopi). Biji Kopi (yang sudah disangrai/roasted kopi bean) dan Kopi Bubuk yang bisa di kirim, akan tetapi pengiriman biji kopi hijau (green bean) butuh konfirmasi dan surat karantina sebelum pengiriman dilakukan.
Pengiriman Herbal Obat dan Vitamin hanya ke negara tertentu.
Herbal adalah obat tradisional yang biasanya berbentuk bubuk/ramuan yang terbuat dari bahan alami (bukan kimia) sedangkan untuk pengiriman Obat dokter membutuhkan resep dokter.
Pengiriman Vitamin bisa dilakukan hanya dalam jumlah tertentu dengan syarat sudah ada merk dan uji klinisnya. Akan tetapi yang memutuskan apakah obat/vitamin/herbal tersebut bisa masuk atau tidak sepenuhnya di tangan bea cukai di negara tujuan. Konsultasikan sebelum mengirim.
Expedito melayani pengiriman ke seluruh dunia, selain daerah perang. System door to door dengan mengunakan courier, dan selama tujuan bukan berupa alamat PO BOX.
Lama tempuh ke singapore 1-2 hari, ke Amerika kurang lebih 4 hari kerja.
Saat ini Expedito bekerjasama dengan kurang lebih 15 Kurir International dan berbeda-beda tergantung negara tujuannya.
Jika menggunakan Jasa kurir DHL dan barangnya hilang (dinyatakan hilang, rusak, atau tidak sampai dalam waktu yang lama), maka Expedito akan membantu customer untuk klaim ke DHL. Segala proses klaim, investigasi dan ganti rugi akan dilakukan dan ditanggung oleh DHL (atau kurir yang bersangkutan). Expedito adalah perantara, ketika barang sudah pindah tangan ke kurir, maka tanggung jawab pengiriman berada di kurir.
Pada dasarnya untuk penggantian kehilangan barang akan ditetapkan oleh masing-masing kurir. Kurir Regional batas ganti ruginya adalah 100 USD. Untuk Kurir International seperti DHL, TNT memiliki fitur asuransi (yang bisa mengcover nilai barang sampai 100.000 USD dan termasuk ongkos kirim yang telah dibayarkan). Silakan pilih fitur asuransi ketika tersedia.
Expedito memberikan jaminan untuk setiap kiriman yang hilang, dengan maksimal pertanggungan Rp. 1,000,000 (Satu Juta Rupiah) dan akan membantu melakukan klaim ke kurir yang bersangkutan, akan tetapi Expedito tidak bertanggung jawab atas keterlambatan pengiriman maupun resiko bisnis lainnya.
Expedito jika tidak menjamin segala kerugian yang terjadi karena kiriman di sita pihak bea cukai di negara tujuan (karena tidak diizinkan masuk ke negera bersangkutan)
Kiriman barang berupa barang palsu, daging, binatang, emas lantakan/bullion, rokok, vape, bubuk terlarang, cairan alkohol, parfum, bagian tubuh dari makhluk hidup, batu mulia, senjata, peledak dan amunisi; abu manusia, barang-barang ilegal seperti gading dan narkotika, diklasifikasikan sebagai bahan berbahaya, barang berbahaya, bahan dilarang atau dibatasi menurut IATA (International Air Transport Association), ICAO (International Civil Aviation Organisation), ADR (Regulasi Transportasi Jalan Raya Eropa untuk barang berbahaya/ European Road Transport Regulation on dangerous goods), atau organisasi yang berkaitan lainnya ("Barang Berbahaya").
Barang lartas adalah barang larangan terbatas dimana untuk ekspor (keluar dari Indonesia membutuhkan izin ekspor, seperti kayu (hasil kayu), rotan, gaharu, kopi untuk jumlah tertentu, karet mentah, bahan galian, produk peternakan, pupuk, logam mulia, beras, cagar budaya, migas, tambang batuan dan mineral, inti kelapa sawit, produk perikanan, timah dan komoditi wajib L/C.
Dan barang lartas lainnya yang diatur oleh perundangan Republik Indonesia:
https://bctemas.beacukai.go.id/faq/tentang-lartas-kategori-dan-perijinannya/
Untuk negara tujuan, mengikuti aturan hukum dan regulasi yang berlaku, masing2 negara biasanya berbeda untuk hitungan pajaknya, misal untuk negara eropa barang dengan nilai di bawah 20 USD tidak di kenakan pajak. Singapore barang di bawah 100 SGD tidak kena pajak. Dan sebagainya.
Maximal adalah 50kg, akan tetapi untuk barang di atas 50kg, kami akan coba usahakan untuk shipment by cargo.
Pembayaran dapat melalui Bank Transfer, Virtual Account, Paypal dan POSB Singapore.
Pertama, jika pengiriman tersebut tidak diasuransikan dan terjadi kerusakan/kehilangan, Expedito akan mengganti rugi dengan nilai maksimum IDR 1,000,000 (Satu Juta Rupiah) untuk per pengiriman (prorata untuk kerusakan).
Jika pengiriman tersebut memilih fitur asuransi, maka penggantian sesuai dengan nilai barang yang telah di informasikan oleh pengirim, berikut ongkos kirim pengiriman tersebut.
Jika memiliki Asuransi, maka proses tersebut akan disampaikan oleh pihak Expedito ke kurir pengiriman, dan biasanya membutuhkan investigasi dan waktu waktu kurang lebih 60hari kerja.
Jika tidak diasuransikan, kami akan mengganti rugi ketika barang dinyatakan hilang oleh kurir, atau dalam 30 hari kerja tidak ada kabar beritanya. Proses penggantian akan kami lakukan dalam 7 hari kerja.
Jika barang kiriman disita oleh bea cukai di negara tujuan, maka hal tersebut diluar tanggung jawab kami, adalah hak suatu negara untuk menyita barang yang dianggap dilarang masuk ke negara tertentu. Untuk itu, pastikan anda menghubungi atau berkomunikasi dengan rekan penerima di negara tujuan, bahwa barang yang dikirimkan adalah barang yang boleh masuk sesuai dengan peraturan yang berlaku di negara tujuan.
Jika barang ditahan di bea cukai, biasanya adalah barang yang memerlukan izin atau surat tertentu yang perlu diisi oleh penerima, atau untuk pembayaran bea masuk/custom duty tax, biasanya tidak ada masalah selama penerima disana bisa dihubungi dan mau bekerja sama.
Jika penerima disana tidak bisa dihubungi oleh pihak bea cukai selama lebih dari 6 hari kerja, maka pihak bea cukai negara tujuan biasanya akan menolak barang tersebut dan mengembalikan barang tersebut ke negara asal.
Biaya pengembalian dan biaya yang timbul karena penolakan tersebut sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.
Hubungi Tim Expedito melalui pesan WhatsApp (tinggal klik link ini):
DKI Jakarta
+62816265894 (Isni)
+6281511889366 (Stephanie)
+62816296230 (Putri)

Bandung, Jawa Barat
+62816907818 (Erian)
+62816341368 (Hera)

Yogyakarta, DIY
+628569010368 (Jimmy)

Pontianak
+628561681118 (Mutia)

Email: sales@expedito.co.id

Jam kerja: 08:30-17:00 WIB (senin - sabtu), minggu/tanggal merah libur.
Untuk cek ongkir dan booking online, bisa langsung di www.expedito.co.id atau install aplikasi Expedito di Google Play.
Untuk saat ini belum, akan tetapi jika berkenan, silakan tinggalkan email anda ke sales@expedito.co.id, begitu sistem siap kami akan menghubungi anda.
  1. Dengan membayar invoice/tagihan Expedito, pengirim setuju bahwa pengiriman ini akan mengikuti aturan dan ketentuan yang berlaku sebagaimana yang tertuang di bagian ini.
  2. Kami tidak bertanggung jawab atas perbedaan pernyataan isi kiriman dan nilai barang yang bisa menimbulkan masalah, atau tidak bisa diproses lebih lanjut, ataupun barang ditahan bea cukai sehingga barang tidak sampai. Segala biaya yang timbul karena ketidaksesuaian informasi mengenai isi barang akan ditanggung oleh pengirim. Biaya Ongkos Kirim hangus jika terdapat barang yang tidak dilaporkan ketika mengirim barang sehingga ditahan / dikembalikan oleh bea cukai.
  3. Setiap klaim kerusakan harus dilaporkan oleh Pengirim/Penerima kepada Expedito, dalam waktu 3 hari setelah paket diterima. Pihak asuransi tidak akan melayani klaim yang dilakukan lebih dari waktu tersebut. Foto barang yang rusak, termasuk kondisi packaging, dan jangan coba untuk diperbaiki. Barang pecah belah tidak termasuk sebagai barang yang bisa diklaim. Untuk Dokumen bukti berupa foto/video/data nilai barang wajib diberikan dalam kurun waktu 30 hari sejak kejadian/barang tiba di tujuan.
  4. Expedito tidak bertanggung jawab untuk setiap biaya, kerugian dan kerusakan yang terjadi karena kondisi natural/bawaan isi paket, atau isi barang yang tidak sesuai dengan pernyataan awal dan jika memang kerugian dan kerusakan terjadi karena faktor eksternal seperti kerusakan / kehilangan, limit tanggung jawab Expedito adalah sampai dengan USD 100, jumlah ini adalah jumlah maksimal penggantian, dan tidak lebih dari nilai yang dicantumkan ketika mengirim paket sebagaimana yang dijelaskan pada ketentuan point 5. Setiap pengiriman paket ataupun dokumen dilakukan oleh partner kurir Expedito, sehingga jika terjadi resiko, Expedito akan membantu sebagai wakil pengirim untuk melakukan klaim ke pihak Kurir. Jika membeli asuransi, maka akan ada waktu untuk claim sekitar 25 hari Kerja dari tanggal pelaporan diterima.
  5. Nilai Aktual
    • Dokumen tidak memiliki nilai komersial, akan tetapi ada biaya untuk persiapan dan penggantian, ataupun nilai lainnya..
    • Paket selain Dokumen harus menyatakan nilai komersial /aktual yang sebenarnya sesuai referensi yang ada, ataupun biaya untuk perbaikan dan penggantian barang, dan diambil yang paling rendahnya.
    • Tanggung jawab Expedito untuk setiap kehilangan dan kerusakan adalah senilai USD 100. Di atas itu mohon membeli asuransi.
  6. Kerusakan dan kehilangan tidak termasuk kerugian tidak langsung yang mana disebabkan antara lain: keterlambatan pengiriman, kerugian pendapatan, keuntungan, bunga, dan perbedaan harga selisih pasar, dan kerugian lainnya.
  7. Expedito tidak bertanggung jawab atas kerusakan yang ditimbulkan karena proses pembungkusan yang dilakukan oleh pengirim yang tidak baik, ataupun proses pengepakan dan aspek lainnya yang dilakukan oleh pengirim.
  8. Proses Bea Cukai/Custom Clearance. Dengan ini pengirim menyatakan Expedito sebagai agen pengirim dan menunjuk kurir pengiriman untuk melakukan proses di bea cukai baik di Negara pengirim, maupun di Negara Tujuan.
  9. Biaya bea cukai. Pengirim bertanggung jawab penuh untuk menjamin bahwa penerima di Negara tujuan bersedia menerima barang tersebut dan membayar segala biaya bea cukai maupun biaya lainnya yang timbul, seperti biaya ganti alamat, biaya permit untuk barang tertentu dan jika tidak dibayar, maka pihak pengirim bertanggung jawab atas segala biaya yang mungkin terjadi.
  10. Tidak mengirim barang berupa barang palsu, daging, binatang, emas lantakan/bullion, rokok, vape, bubuk terlarang, batu mulia, senjata, peledak dan amunisi; abu manusia, barang-barang ilegal seperti gading dan narkotika, diklasifikasikan sebagai bahan berbahaya, barang berbahaya, bahan dilarang atau dibatasi menurut IATA (International Air Transport Association), ICAO (International Civil Aviation Organisation), ADR (Regulasi Transportasi Jalan Raya Eropa untuk barang berbahaya/ European Road Transport Regulation on dangerous goods), atau organisasi yang berkaitan lainnya ("Barang Berbahaya").
  11. Bertanggung jawab sebagai pribadi dan membebaskan PT. Expedito Global Indonesia dari segala tuntutan hukum yang terjadi jika terjadi hal-hal yang melanggar hukum dikarenakan pengiriman paket ini.
  12. Jika pengiriman barang lewat dari 1 bulan, maka mohon segera informasikan ke Expedito agar kami bisa segera lakukan klaim ke pihak kurir.
  13. Proses klaim atas kehilangan barang kiriman akan dilakukan dalam 40 hari kerja.
  14. Expedito tidak bisa memberikan ganti rugi atas kerugian karena keterlambatan ataupun resiko bisnis karena barang hilang/terlambat.
  15. Jika kiriman menggunakan fitur asuransi tambahan, maka otomatis klaim kehilangan akan diproses oleh kurir yang bersangkutan dan penggantian sesuai dengan nilai barang yang telah diinformasikan pada saat pengiriman.